Pulut Srikaya

Salam!

Happy weekend semuanya! Hari ini aku mau share resep Pulut Srikaya, kalau di Malaysia disebutnya Pulut Tai Tai. Camilan ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dengan santan kemudian disajikan dengan selai srikaya. Aku baru tahu kue ini di Malaysia waktu jajan kue tradisional di supermarket langganan. Aku suka rasanya! Beras ketan yang legit dipadukan dengan manisnya selai srikaya! Wah sedap! Yuk dicoba! Selai srikaya-nya juga aku buat sendiri lhooo! šŸ™‚

Pulut Srikaya

Pulut Srikaya

Ingredients

  • 500 gr Beras Ketan
  • 6 lembar Daun PandanĀ 
  • 20 lembar Kembang Telang kering, seduh dengan sedikit air panas
  • 300 ml Santan Segar
  • 1 sdt GaramĀ 

Bahan selai srikaya

  • 2 butir Kuning Telur Rebus, haluskan
  • 100 gr Gula PasirĀ 
  • 12,5 gr Gula Merah, sisir halusĀ 
  • 1 lembar Daun PandanĀ 
  • 175 ml Santan Segar

Instructions

    1. Bagi beras ketan menjadi 2 bagian, masing-masing 250 gr. Rendam 1 bagian dengan air biasa. Rendam 1 bagian lagi dengan air yang ditambahkan air seduhan bunga telang. Diamkan selama 2-4 jam.
    2. Siapkan wadah tahan panas, lapisi dengan daun pisang. Masukkan beras ketan yang direndam air biasa, 3 lembar daun pandan, 125 ml santan segar & 1/2 sdt garam.
    3. Panaskan panci kukusan, kukus selama 25 menit. Periksa apa beras ketan sudah masak dan pulen. Jika belum , tambahkan lagi 25 ml santan segar dan kukus lagi sebentar (sekitar 5 menitan). Angkat.
    4. Lakukan yang sama untuk beras ketan yang direndam seduhan bunga telang.
    5. Siapkan loyang, saya menggunakan loyang brownies. Lapisi setiap sisinya dengan daun pisang, olesi dengan minyak goreng. Masukkan pulut putih dan pulut ungu secara bergantian sampai habis. Ratakan permukaannya. Tutup dengan selembar daun pisang yangi sudah diolesi minyak goreng dan beri pemberat (saya menggunakan pie weight, bisa menggunakan bata atau ulekan batu), tujuannya agar pulut menjadi padat. Diamkan beberapa jam.
    6. Potong-potong sesuai selera, gunakan pisau yang sudah diolesi minyak goreng sebelumnya supaya tidak lengket.
    7. Untuk membuat selai srikaya, dengan wajan anti-lengket, cairkan sebagian gula sampai menjadi karamel. Gunakan api kecil. Tuang santan segar sambil diaduk cepat. Jangan khawatir jika terbentuk gumpalan gula, masak saja terus sambil terus diaduk, nanti akan larut.
    8. Masukkan semua sisa gula dan garam. Matikan api.
    9. Kocok telur dalam mangkuk, beri sebagian adonan gula santan. Tuang pelan-pelan sambil diaduk. Kemudian masukkan ke dalam sisa adonan gula santan di wajan. Aduk rata.
    10. Masak srikaya dengan cara di-tim/double boiler sampai betul-betul kental.


No Comments

Post A Comment